Tips Menjaga Layar Sentuh Smartphone Agar Tahan Lama

Tips Menjaga Layar Sentuh Smartphone Agar Tahan Lama - Smartphone touchscreen kali ini merajai pasar dengan berbagai model dan keunggulannya. Touchscreen atau layar sentuh itu sendiri jadi bagian yang paling sensitiv terhadap debu, kotoran atau percikan air. Jika tidak dilindungi atau dijaga dengan baik bisa mengganggu ketahanan smartphone Anda. Salah satu tips menjaga layar sentuh smartphone adalah dengan memasang screen protector.


Tips Menjaga Layar Sentuh Smartphone Agar Tahan Lama


Screen protector memang menghindarkan layar dari kemungkinan terkena goresan, debu atau cipratan air. Memasang screen protector tidak membutuhkan biaya besar dan mudah dalam penggunaannya. Bukan hanya itu, Anda bisa melakukan beberapa tips lainnya seperti berikut.

5 Tips Menjaga Layar Sentuh Smartphone

Menggunakan Kalibrasi Layar

Tahukah apa fungsi kalibrasi layar? Kalibarasi layar android Anda berfungsi untuk melihat bagaimana sensitivitas layar. Apakah layar tersebut masih bisa bekerja dengan baik atau memiliki kendala. Pengguna sebaiknya mengatur bagaimana tingkat kalibrasi layar apakah yang lambat atau cepat. Karena ini salah satu tips menjaga layar sentuh smartphone yang jarang diketahui orang.

Menggunakan Jari atau Jempol untuk Mengoperasikan

Layar ponsel direspon untuk bisa digunakan dengan jari atau jempol bukan kuku. Karena jika Anda menggunakan ujung kuku untuk menyentuh layar maka bisa berpotensi merusak layar. Sebaiknya juga tidak menekan layar terlalu kencang karena tindakan ini bisa merusak panel layar yang ada pada smartphone. Layar smartphone sudah memiliki kapasitas yang reponsif sehingga sebaiknya menyentuh sewajarnya saja.

Menjauhkan Ponsel dari Panas dan Medan Magnet

Layar sentuh akan tetap awet dan bertahan lama jika Anda juga menghindarkan dari paparan suhu panas. Panas yang dimaksud disini bisa berbagai macam seperti panas matahari, kompor, microwave hingga CPU komputer. Bahan-bahan yang bisa menghantarkan panas juga sebaiknya dihindarkan dari layar sentuh smartphone Anda. Layar juga bisa terganggu jika dekat dengan medan magnet yang kuat seperti yang dihasilkan oleh kulkas dan TV.

Membersihkan Layar Menggunakan Kain Microfiber

Selain beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan, tips menjaga layar sentuh smartphone juga bisa dengan membersihkan menggunakan kain microfiber. Sebab, noda pada layar harus dibersihkan menggunakan jenis kain microfiber yang sangat lembut sehingga aman untuk digunakan. Kain microfiber sendiri merupakan kain yang digunakan untuk membersihkan layar sentuh Anda.

Gunakan Softcase

Ada beberaapa merek yang sudah menyediakan aksesoris softcase untuk setiap pembelian smartphone. Anti gores memang melindungi layar, sementara softcase bisa melindungi body smartphone kita. Namun, beberapa diantaranya ada juga softcase yang disertai dengan penutup layar sehingga proteksi untuk layar sentuh Anda bisa lebih maksimal.

Disadari atau tidak, sensitivitas layar sentuh smarphone biasanya menjadi lebih lama dalam merespon sentuhan jari kita. Hal ini bisa disebabkan karena kesalahan-kesalahan yang disebutkan sebelumnya. Maka dari itu memperhatikan bagaimana tips menjaga layar sentuh smartphone tentu penting untuk keamanan touchscreen smartphone Anda. Hal sederhana dan paling penting adalah memasang screen protector terlebih dahulu saat membeli smartphone baru.


Subscribe to receive free email updates: