Cara Cek Info GTK Untuk Melihat Bantuan Subsidi Upah Kemdikbud 2020

Apa itu Info GTK?

Info GTK adalah sebuah halaman website yang dimiliki oleh Kemdikbud untuk menampilkan semua data PTK baik guru maupun staff yang berada pada sebuah satuan pendidikan dibawah lingkup Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Cara Cek Info GTK Untuk Melihat Bantuan Subsidi Upah Kemdikbud 2020
Bantuan Subsidi Upah

Halaman Info GTK ini sendiri dari tahun ke tahun selalu mengalami perbaikan agar lebih sempurna dalam hal kemudahan akses dan juga kelengkapan data yang dibutuhkan. Kelengkapan data tersebut mengikuti adanya kebijakan-kebijakan dari Pemerintah yang dilaksanakan melalui Kemdikbud dan Departemen terkait.

Pada tahun 2020 ini bersamaan dengan berlangsungnya pandemi covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait bantuan subsidi upah (BSU). Sasaran dari jenis bantuan ini sebagaimana disebutkan adalah bagi PTK yang berstatus Non PNS (Honorer) pada sekolah. Selain itu juga mensyaratkan keaktifan dan memang belum pernah mendapatkan jenis bantuan sejenis sebagai contoh Prakerja.

Syarat utama seorang PTK mendapatkan BSU ini adalah datanya telah masuk dalam server info GTK yang diinputkan oleh sekolah melalui aplikasi Dapodik pada masing-masing satuan pendidikan oleh Operator Sekolah setelah proses pengiriman data (sinkronisasi). Standar pengambilan data dari dapodik ini sudah sesuai dengan komitmen Pemerintah yang hanya akan mengambil data secara resmi dari aplikasi Dapodik.

Key ID yang dipakai dalam menyaring peserta bantuan ini adalah berdasarkan Nomor Induk kependudukan (NIK) yang telah terverifikasi pada database dinas kependudukan. Sebagaimana jenis bantuan lain seperti Prakerja dan sebagainya. Ini memungkinkan tidak terjadinya tumpang tindih bantuan yang disalurkan melalui berbagai departemen yang ada. Lalu apa syarat mendapatkan bantuan subsidi upah tersebut ?

Syarat Utama Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Ketahui terebih dahulu apakah kita memenuhi syarat untuk mendapatkan BSU atau tidak :

  1. Pastikan data kita secara lengkap sudah terinput di aplikasi Dapodik pada satuan pendidikan masing-masing PTK.
  2. Setelah dipastikan masih di Dapodik dan sudah mengirimkan data ke pusat melalui sinkronisasi kita dapat melihat inputan tersebut pada halaman Info GTK.
  3. Memiliki akun PTK yang telah terverifikasi pada verval Satuan Pendidikan yang dilakukan oleh Petugas Pendataan Sekolah. Akun ini merupakan paket email beserta password yang dibuat pada saat melakukan verval.
  4. Masih aktif bekerja pada unit kerja ditunjukkan dengan histori data dari semester ke semester dalam Info GTK tersebut.
  5. Belum mendapatkan bantuan sejenis dari pihak kementrian.

Cara Cek Data PTK Pada Info GTK Kemdikbud

Cara mengecek data anda di info GTK untuk mengetahui apakah termasuk dalam daftar penerima BSU adalah dengan login pada halaman info gtk kemdikbud. Berikut langkah - langkahnya :
  1. Pastikan anda telah memiliki akun GTK terverifikasi yang berupa email aktif dan password yang telah dibuat oleh sekolah. 
  2. Kunjungi halaman Info GTK milik Dirjen GTK di alamat https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ 
    Cara Cek Info GTK Untuk Melihat Bantuan Subsidi Upah Kemdikbud 2020
    Halaman Utama Info GTK
  3. Pada halaman login tersebut terdapat dua portal yang dapat digunakan untuk login yaitu dengan langsung ke GTK dan menggunakan SSO. Pilih saja yang Login Langsung Ke GTK. Ini akan menuju ke halaman rekap data yang terinput di Dapodik. Dan tampilannya akan seperti dibawah ini. 
    Cara Cek Info GTK Untuk Melihat Bantuan Subsidi Upah Kemdikbud 2020
    Halaman LoginGTK
  4. Masukkan akun anda yang berupa email dan password yang sudah diverifikasi. lalu pilih Login.
  5. Jika akun anda benar maka akan muncul halaman lembar info GTK lengkap pada periode semester berjalan. Dan akan muncul pemberitahuan pada halaman tersebut apakah termasuk dalam penerima bantuan subsidi upah tersebut atau kah tidak. Tampilannya seperti berikut. 
    Cara Cek Info GTK Untuk Melihat Bantuan Subsidi Upah Kemdikbud 2020
    Halaman Lemba Info GTK
Nah, jika pada lembar info GTK anda terdapat pemberitahuan sebagaimana dalam gambar diatas maka berarti termasuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah. Selanjutnya silahkan tunggu informasi untuk mencairkan bantuan tersebut.

Demikian cara mengecek info gtk untuk mengetahui apakah anda ternasuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah atau tidak. Hal yang perlu diingat kembali adalah bantuan subsidi ini diperuntukkan hanya bagi PTK non PNS dan belum menerima bantuan sejenis. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: