Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Smartphone Terendam Air? Ini Tips Mengatasinya Dengan Mudah

Smartphone Terendam Air? Ini Tips Mengatasinya dengan mudah - Perangkat yang terendam air tentu mengkhawatirkan. Terutama jika sebuah smartphone tidak didukung dengan ketahannya terhadap air atau waterproof sehingga besar kemungkinan terjadi kerusakan di dalamnya. Tetapi benarkah smartphone terendam air tidak bisa diamankan lagi? Jika Anda mengetahui bagaimana tips dan triknya, setidaknya ada peluang smartphone Anda bisa menyala dan digunakan lagi.



Seperti yang Anda ketahui bahwa di dalam smartphone terdapat komonen kelistrikan yang jika terkena air dikhawatirkan terjadi konslet. Maka langkah pertama ketika smartphone yang Anda miliki terendam air, segera ambil dan keringkan. Berikut tips selengkapnya yang bisa membantu Anda.

Tips Mengatasi Smartphone Terendam Air

1. Segera Matikan Smartphone

Kondisi smartphone yang menyala sesaat setelah terendam air tentu berbahaya untuk kelangsungan smartphone tersebut. Sebagian besar orang akan langsung menyalahan handphone ketika sudah terangkat dari air. Padahal, cara ini hanya akan membuat air yang sudah masuk ke dalam handphone makin menyebar dan terserap ke semua komponen. Disinilah rentan terjadi korsleting. Segera matikan smartphone agar tidak terjadi kerusakan makin parah.

2. Lepas Baterai, Simcard dan Memory

Mematikan smartphone sesaat ketika terendam air memang merupakan langkah tepat. Kemudian, tips kedua adalah lepaskan baterai, simcard dan juga memory card yang ada di dalamnya. Cara ini digunakan untuk mencegah kerusakan lebih parah di area tersebut. Lepaskan juga cover atau casing smartphone agar proses pengeringan lebih maksimal dan cepat.

3. Keringkan Smartphone

Smartphone terendam air tentu harus dikeringkan dengan cara yang aman. Anda bisa menggunakan kompressor udara atau menjemurnya di bawah sinar matahari namun tidak dalam waktu yang lama. Jika cara ini Anda lakukan, pastikan bahwa area layar membelakangi matahari agar tidak rusak. Bila perlu gunakan vacum cleaner untuk mengeringkan smartphone tetapi tidak dengan mengarahkan corongnya secara langsung.

4. Simpan di Dalam Beras

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan smartphone adalah dengan menyimpannya di dalam beras. Mengapa beras? Hal ini karena beras memang bersifat kering dan mudah untuk menyerap air. Dengan begitu, air yang ada di dalam smartphone bisa hilang dengan sendirinya. Caranya, letakkan smartphone, baterai dan simcard yang sudah Anda lepas ke dalam beras dan biarkan selama kurang lebih 2-3 hari.

5. Nyalakan Smarrphone dengan Kondisi Baterai Full

Smartphone terendam air memang bisa dikeringkan dengan menguburnya di dalam beras. Jiak sudah dikubur di dalam beras selama 3 hari, nyalakan smartphone dalam kondisi baterai yang full. Charge smartphone Anda terlebih dahulu dalam keadaan off setelah benar-benar kering. Jika sudah full, mulailah menyalakannya seperti biasa apakah smartphone Anda berhasil diselamatkan setelah terendam air atau tidak.

Berhasil tidaknya tips mengatasi smartphone terendam air ini biasanya tergantung dari lamanya berada dalam rendaman. Jika berjam-jam tentu potensi kerusakannya lebih besar. Maka dari itu, simpan dan gunakan baik-baik smartphone Anda. Lakukan beberapa langkah tersebut sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa ke tempat servis.


Post a Comment for "Smartphone Terendam Air? Ini Tips Mengatasinya Dengan Mudah"