Bebas dari Pembajakan, Ini Trik Amankan Akun Whatsapp

Bebas dari Pembajakan, Ini Trik Amankan Akun Whatsapp - Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang dipakai hampir oleh setiap orang yang memiliki smartphone. Aplikasi ini memang memudahkan siapa saja dalam berbagi teks, dokumen, video ataupun audio. Tak heran jika peran sms yang dulunya menjadi yang paling utama kali ini mulai tergeser dengan whatsapp yang lebih mudah dan menarik. Sayangnya, whatsapp juga jadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan cyber untuk mencuri data bahkan melakukan penipuan. Lalu bagaimana trik amankan akun whatsapp agar terhindar dari hal demikian?


Bebas dari Pembajakan, Ini Trik Amankan Akun Whatsapp


Pengamanan akun whatsapp memang sangat penting agar aplikasi Anda tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tak sedikit hoax yang beredar lewat WA, penipuan online dan lain sebagainya. Berikut beberapa trik yang bisa Anda coba untuk mengamankan akun WA dengan mudah.

Trik Amankan Akun Whatsapp

Menggunakan Pengaturan Privasi Group Chat

Fitur pengaturan prvasi group chat bisa Anda gunakan untuk mengamankan akun WA. Fitur ini bisa mengontrol siapa saja yang akan menambahkan Anda ke dalam sebuah grup WA. Cara mengaktifkannya adalah kunjungi settings di WA, pilih Account Privacy Groups dan pilih satu dari tiga opsi seperti Everyone My Contacts atau Anda memilih My Contact Excepts. Fungsinya adalah untuk mengontrol apakah orang asing dapat dengan mudah menambahkan Anda ke dalam grup ataukah kontak dan daftar orang dalam pengecualian.

Menggunakan Touch ID

Trik amankan akun whatsapp berikutnya adalah dengan menggunaka touch ID. Pengguna bisa memilih apakah nantinya WA bisa secara otomatis mengunci saat tidak digunakan atau membutuhkan beberapa waktu setelah tidak aktif. Touch ID ini menggunakan sidik arti. Ada juga yang menggunakan Face ID yang merupakan fitur keamanan dengan pengenalan wajah. Fitur keamanan ini tergolong aman dan proteksi yang bagus.

Update Pengaturan Privasi Profil

Berbeda dengan pengaturan privasi group chat, kali ini Anda bisa mengubah pengaturan privasi profil. Kontrol beraa banyak orang yang bisa melihat last seen ataupun foto profil Anda. Dengan mengupdate pengaturan ini, Anda tentu berhak menentukan siapa saja yang memiliki akses dalam membaca status. Caranya adalah dengan pilih settings kemudian privacy.

Menggunakan Two Step Verification

Verifikasi dua langkah merupakan yang paling umum sebagai trik amankan akun whatsap. Nantinya pengguna diminta untuk membuat pin yang terdiri dari 6 digit angka dan pihak whatsapp akan memintanya ketika Anda melakukan reset ataupun verifikasi akun. Verifikasi dua langkah ini sangat diperlukan dalam mengamankan akun Anda dari pihak asing yang ingin menggunakan WA Anda tanpa izin.

Saking pentingnya sebuah data dan privasi seseorang dalam whatsapp, trik amankan akun Whatsapp ini menjadi langkah tepat untuk melindungi room chat Anda di dalamnya. Mulailah dengan langkah paling sederhana seperti memberi verifikasi akun dua langkah. Jika smartphone Anda mendukung, berikan proteksi lebih seperti touch ID atau face ID.


Subscribe to receive free email updates: