Menulis Artikel Pada Blog Bagi Pemula Untuk Mendapatkan Uang Dari Adsense

Menulis artikel blog

Menulis merupakan aktifitas menuangkan ide, kreatifitas, pengetahuan dan pengalaman dengan maksud memberikan informasi dan bahkan dapat juga mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu sebagaimana dikehendaki melalui karya tulisnya.

Menulis Artikel Pada Blog Bagi Pemula Untuk Mendapatkan Uang Dari Adsense

Blogging sendiri merupakan bagian dari kegiatan menulis tersebut diatas namun media yang secara khusus digunakan adalah platform digital dan hanya dapat diakses melalui internet. Pelaku kegiatan ini sering disebut sebagai blogger. Lalu kegiatan menulis artikel pada blog itu sendiri mereka namakan ngeblog.

Menulis pada blog pada dasarnya adalah sama dengan aktifitas menulis pada umumnya, yaitu memerlukan kaidah - kaidah dalam penulisan baik struktur penulisan, topik pilihan, bahasa dan kosakata yang digunakan. Yang membedakan adalah adanya faktor benefit yang memugkinkan dapat dimaksimalkan dengan tulisan mereka sehingga dapat mendapatkan pendapatan melalui iklan yang ditayangkan pada artikel yang mereka buat.

Tips menulis untuk blog

Beberapa blogger telah memaparkan tipsnya dalam menulis dan saya coba ulas kembali berdasarkan pengalaman saya sendiri.
Bagi anda yang baru saja bergabung dalam dunia blogging mungkin dapat dijadikan referensi dalam belajar agar lebih nyaman dan istiqomah dalam menulis. 

Hal mendasar yang mendorong seseorang menulis biasanya adalah dari kebiasaannya suka membaca yang selanjutnya muncul keinginan untuk menuliskan kembali apa yang telah mereka pelajari dan dapatkan dari tulisan tersebut. Dengan demikian seorang penulis tidak akan pernah jenuh dan kehabisan sumber untuk menulis.

Baca topik yang kamu suka lalu tulis dengan bahasamu

Ya, benar sekali jika kamu mengawali dari hal yang kamu suka maka kemungkinan untuk malas dan jenuh sangatlah kecil, kamu juga tentu akan selalu update dengan berita dan inormasi lain seputar hal yang kamu sukai sehingga akan terus update ide dan pengetahuan kamu.

Tidak ada hal yang tidak penting

Mungkin kamu merasa apa yang kamu hanyalah hal sepele tapi tidak bagi orang - orang diluar sana, mereka membutuhkan informasi dan pengetahuan yang mungkin kamu tulis tersebut.

Pelajari struktur penulisan yang benar

Menulis yang benar tentu tidak asal menulis, dalam menulis memerlukan pengetahuan dan pengalaman. Kamu dapat mempelajari dengan membaca tulisan-tulisan mereka yang sudah jago dan dapat kamu pelajari struktur penulisannya. Secara singkat struktur penulisan yang benar adalah meliputi hal berikut:
  1. Judul
  2. Anak judul (sub judul)
  3. Paragraf (alinea)
Dari ketiga hal pokok tersebut tentu kamu sudah dapat memahami bagaimana menulis seharusnya. Keterkaitan antar paragraf yang runtut menjadikan tulisan kita mudah dipahami pembaca dan akhirnya paham akan maksud tulisan kita.

Hindari plagiat tulisan orang lain

Jika memang ingin belajar menulis maka berusahalah jujur pada kemampuan, jangan pernah membuat tulisan dengan cara menyalin karya orang lain. Hal ini tidak akan menjadikan kita semakin pandai menulis akan tetapi sebaliknya hanya akan menjadikan kita malas dan tulisan kita tidak berguna dimata mesin pencari bahkan pembaca kita. Jika ingin meniru boleh secara konteksnya saja akan tetapi jangan secara teks.

Menulis Bog untuk tujuan Adsense

Sebagian besar blogger menulis artikel untuk tujuan komersil, diataranya adalah meinginan mengikuti program partner yang ada di google yaitu adsense. Namun demikian jangan salah, karena meskipun dengan tujuan ini akan tetapi mereka tetap menggunakan standart seperti diatas yaitu menulis sesuai dengan minat dan pengetahuan yang dimiliki, sehingga si pembaca pun semakin percaya dan tulisannya.

Dan jika teman - teman ingin menulis artikel pada blog untuk tujuan ini, setidaknya harus memperhatikan hal-hal berikut :
  • Pahami cara kerja program adsense itu terlebih dahulu, ini tentu terkait syarat dan ketentuan tulisan yang bagaimana yang dapat dimonetisasi dalam program ini.
  • Pelajari tool-tool yang berkaitan dengan blog kamu, karena seperti kita tahu bahwa google adalah robot yang tidak akan menoleransi terhadap kesalahan sekecil apapun jika memang menyangkut dengan persyaratan. Tool yang dimaksud misalnya adalah analytic, webmaster, keyword planner dan lain sebagainya.
  • Buat tulisan seringkas mungkin namun kaya akan informasi, tulisan yang panjang tapi tidak terstruktur akan menyulitkan google untuk mengindeks tulisan kita.
  • Perhatikan pemilihan kosakata yang sesuai dengan pilihan bahasa blog teman-teman. 
  • Pastikan memiih kata kunci yang tepat sesuai dengan niche (topik) bahasan kita.
  • Gunakan judul sesuai kata kunci, bila perlu gunakan judul yang spesifik ke bahasan kita agar pembaca mudah dalam menentukan bahwa tulisan kita memang benar sesuai yang mereka cari.
  • Update blog teman-teman seseering mungkin untuk memperkaya konten dan kata kunci pada blog kita. Ini akan bermanfaat dalam meningkatkan peringkat blog kita di mata google.
Ketentuan diatas adalah sebagian kecil yang seharusnya diketahui terlebih dahulu sebelum sobat memulai menulis untuk tujuan adsense. Selebihnya adalah hal-hal yang sifatnya teknis misalnya pemilihan template yang handal, pembuatan backlink antar blog dan sebagainya.

Demikian sebagaian kecil pengetahuan yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat, selebihnya adalah komitmen, percaya diri dan tentu kemauan untuk terus belajar memperkaya pengetahuan baik tentang menulis dan dunia blog itu sendiri yang harus terus dipelajari. Aturan dan algoritma google untuk adsense ini terus berubah menyesuaikan perkembangan teknologi, maka dari itu kita juga harus selalu update tentang informasi tersebut. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: