5 Jenis Ikan Konsumsi Yang Paling Disukai Di Indonesia

Anda pencinta seafood niscaya tidak kuasa menolak olahan ikan bahari yang segar. Mulai dari ikan tongkol, ikan kembung, sampai ikan barona. Indonesia memang termasuk negara penghasil ikan bahari terbanyak di dunia. Bukan hanya untuk dikonsumsi di dalam negeri, ikan bahari juga menjadi komoditas ekspor yang sangat menguntungkan.
Dari sekian banyak jenis ikan bahari di Indonesia, berikut ini yaitu jenis-jenis ikan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia!
 Anda pencinta seafood niscaya tidak kuasa menolak olahan ikan bahari yang segar 5 Jenis Ikan Konsumsi yang Paling Disukai di Indonesia
  1. Ikan Tuna
Ikan tuna banyak ditemukan di sisi selatan Pulau Jawa sampai tempat timur Indonesia. Wilayah tangkapnya mencakup Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru, Perairan Aru, sampai Laut Maluku. Ikan tuna dikenal dengan bobotnya yang besar dan harga jual yang tinggi. Saat dikonsumsi mentah, daging ikan tuna terasa lembut sehingga orang Jepang memfavoritkan daging tuna ini untuk menjadi makanan sashimi. Selain itu, ikan tuna juga dikemas dalam bentuk kalengan. Pastinya lebih mudah dan bernutrisi.
  1. Ikan Tongkol
Ikan tongkol juga menjadi salah satu favorit orang Indonesia nih. Sama menyerupai ikan tuna, ikan tongkol ini menjadi ikan yang paling banyak dikonsumsi. Sepintas ikan tongkol ini tampak sama menyerupai ikan cakalang dan ikan tuna. Bedanya kulit ikan ini berwarna putih mengkilap. Ikan tongkol memang lezat diolah dengan aneka macam cara. Anda dapat mengasapnya, menumis, atau menggorengnya.
  1. Ikan Cakalang
Ikan cakalang mempunyai habitat alami di sekitar Pulau Sulawesi. Bentuk tubuhnya menyerupai sekali dengan ikan tongkol, tetapi warnanya lebih terang. Ikan cakalang mempunyai daging yang tebal dengan rasa yang begitu gurih. Ikan ini biasanya diolah melalui proses pengasapan, kemudian disuwir-suwir. Olahan terkenal yang terbuat dari daging ikan cakalang yaitu cakalang fufu dari Manado.
  1. Ikan Kakap
Di dasar-dasar atau perairan terumbu karang di Indonesia, ikan kakap mudah ditemukan. Ada beberapa jenis ikan kakap menyerupai ikan kakap kuning, ikan kakap hitam, dan ikan kakap merah. Adapun jenis yang paling banyak ditemukan di Indonesia yaitu ikan kakap merah. Provinsi Riau merupakan wilayah yang unggul dengan produksi ikan kakapnya. Ikan kakap yang berdaging gurih dan lembut banyak diolah menjadi asam pedas di sana. Sementara di Padang, ikan kakap terutama kepalanya, banyak diolah menjadi gulai.
  1. Ikan Tenggiri
Harganya yang murah ditambah rasanya yang sangat lezat memang menciptakan ikan tenggiri ini menjadi favoritnya orang Indonesia. Ikan tenggiri mempunyai badan memanjang dengan moncong yang meruncing. Biasanya ikan ini banyak diolah menjadi pempek, kerupuk, dan siomay. Tips bagi Anda yang menginginkan rasa daging ikan tenggiri yang lebih gurih, pilihlah ikan tenggiri betina. Ikan ini mempunyai tekstur badan yang lebih licin.

Subscribe to receive free email updates: