Apa itu LAN dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu LAN dan Bagiman Cara Kerjanya - Local Area Network ( LAN ), merupakan suatu jenis jaringan komputer dengan cakupan wilayah lokal. LAN menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana, perangkat jaringan yang digunakan pada LAN contoh nya HUB, Switch, Router, dan perangkat jaringan lainnya dan dihubungkah oleh kabel UTP ( Unshihielded twisted-pai), contoh penggunaan jaringan LAN seperti pada Warnet, Sekolah, perusahaan, atau antar rumah yang masi mencakup wilayah LAN

Keuntungan dari penggunaan LAN adalah adalah

1. Lebih Irit dalam penggunaan Kabel
2. Transfer data antar Node lebih cepat
3. Cara Pembuatannya Cukup Mudah
4. Memungkinkan untuk Sharing Printer
5. Resiko kehilangan Data oleh virus tergolong kecil
6. Antar client dapat berkomunikasi dengan mudah

Setelah mengetahui keuntungan jaringan LAN maka kita perlu memahami kerugian menggunakan jaringan LAN
1. Karena Cakupan wilayah jaringan LAN cukup sempit sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan      dengan jaringan luar, dan cakupan trasfer data tidak begitu luas.

jika telah mengetahui keuntungan dan kerugian menggunakan jaringan LAN, tentu kita perlu mengetahui seperti apa gambar LAN yang sering digunakan saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada Teknologi IEEE 802.3. Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatann transfer data 10, 100 atau 100 Mbit/s. tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wifi disebut hotspot. 
setelah mengetahu tentang gambaran LAN yang umum digunakan, tentu anda perlu memahami seperti apa karakteristik jaringan LAN, dibawah ini adalah Karakteristik jaringan LAN.
1. Mempunyai Pesan Data Yang lebih Tinggi
2. Meliputi Wilayah Geografis Yang Sempit
3. Tidak memerlukan Jalur telekomunikasi yang disewa.
4. Biasanya salah satu komputer yang adapajaringan LAN dapat berperan sebagai Server

setelah memahami apa itu LAN, keuntungan menggunakan LAN, Kerugian Menggunakan LAN dan Mengetahui ciri-ciri LAN, maka kita perlu memahami seperti apa prinsip kerja jaringan LAN itu sendiri.
Perinsip Kerja Jaringan LAN
Seperti yang telah anda ketahui bahwa LAN dibatasi oleh wilayah maka dapat kita ketahui bahwa LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer dapat saling terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi, dengan demikian dalam sebuah jaringan dapat saling menggunakn perangkat jaringan secara bersama.

Jadi itu lah yang adapat admin sampaikan terkait Apa itu LAN dan Bagai mana cara kerjanya, semoga dengan artikel ini anda telah memahami lebih jauh tentang jaringan LAN, untuk menindak lanjut materi ini anda dapat membaca artikel Peralatan yang digunakan untuk membangun LAN ( Local Area Network )

Subscribe to receive free email updates: