Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun LAN ( Local Area Network )

Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun LAN ( Local Area Network )- LAN ( Local Area Network ) adalah Network atau jaringan  sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas di dalam sebuah gedung atau sebuah kompleks gedung, LAN dibangun menggunakan perangkat-perangkat jaringan sehingga LAN dapat saling terkoneksi dengan baik, adapun alat yang dibutuhkan untuk membangun Jaringa LAN adalah sebagai berikut.

1. Router
Router adalah jantung pada sebuah jaringan router berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan jaringan yang lain yang memiliki Network yang berbeda. dalam kasus ini router menghubungkan jaringan internet dengan LAN

2. Switch/ Hub
Berbeda dengan router, switch/hub berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN.

3. Ethernet Card
Ethernet Card  ( Kartu jaringan ) adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet , sehingga komputer bisa terhubung menuju jarngan. biasanya pada komputer-komputer keluaran baru Ethernet Card telah di pasang secara Onbor, sehingga tidak perlu lagi untuk membelinya. namun jika anda ingin menjadikan salah satu komputer menjadi Server sebaiknya menambah satu lagi Etheret Card karna syarat sebuah komputer menjadi server adalah memiliki Ethernet Card Minimal dua.


4. Ethernet Kabel
Ethernet Cabel yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan server ke router, client ke server. ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yaitu RJ 45. RJ 45 memiliki 2 konfigurasi yakni Straight dan Cross Over. Straight Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda contohnya antara komputer switch sedangkan Cross Over  Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama contohnya antara komputer ke komputer atau raouter ke router.

5. Modem
Jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet maka dibutuhkan modem. jika pada LAN tiodak menggunakan Modem maka tidak dapat terhubung ke Internet.

6. Peralatan lain yang dibutuhkan
Peralatan yang lain yang dibutuhkan selama proses penegerjaan LAN adalah, Crimping tools, LAN Tester, Multimeter. 
a.  Crimping Tools 
Crimping Tools digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan Kabel Ethernet. 


b. LAN Tester
Digunakan untuk untuk menguji kabel LAN, apakah telah terkonfigurasi denga baik atau tidak. 



Itulah beberapa peralatan yang digunakan untuk membangun LAN, demikian artike yanda dapat admin paparkan yaitu dengan Judul " Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun LAN ( Local Are Network ) jika ada pertanyaan terkait artikel inii silahkan berikan koment.




Subscribe to receive free email updates: