Tutorial Membuat Blog Di Blogger.com Untuk Pemula


COPAD
Tutorial Membuat Blog Di Blogger.com Untuk PemulaHalo sobat COPAD, untuk artikel kali ini mimin akan memberikan tutorial mengenai pembuatan blog di blogger.com. Tapi sebelum itu, sebenarnya blog itu apa sih? Blog adalah singkatan dari web log yang berupa aplikasi web berbentuk tulisan-tulisan (dimuat sebagai postingan) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan tersebut terkadang dimuat dalam urutan terbalik, walau tidak selamanya seperti itu. Situs web ini terkadang dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuannya.

Gitu kata mas Wikped, hehe.. Selain ngeblog untuk mengisi waktu luang dan merupakan sebuah hobi, terkhusus bagi penulis dan jurnalis. Blog juga dapat menghasilkan uang loh, gimana caranya? Nanti mimin kasih tau deh caranya, maka dari itu terus kunjungi COPAD untuk mendapatkan update terbaru tentang artikel-artikel dari blog ini. Baiklah tanpa basa-basi lagi yuk simak langkah-langkah dalam membuat blognya, check it out!

1. Log In ke blogger.com lalu klik Buat Blog, daftar dengan akun google yang dimiliki. Selesaikan pendaftaran sampai tahap akhir.

2. Lanjut ke blog klik Buat Blog Baru, masukkan judul, alamat blog, dan pilih tema yang diinginkan.


3. Setelah itu, klik Setting. Di menu Dasar klik Edit pada pilihan Deskripsi. Di sini kita membuat deskripsi blog (boleh juga tidak). Pada pilihan HTTPS klik Tidak dan ubah menjadi Ya agar pengunjung akan langsung dialihkan dan beranggapan bahwa blog kita aman untuk diakses (boleh juga tidak).


4. Di menu Prefensi penelusuran pada pilihan Tag meta klik Edit, dari Tidak klik Ya. Isikan deskripsi tentang blog yang akan kalian buat. Ini merupakan tempat untuk membuat deskripsi singkat yang akan mewakili seluruh konten yang nantinya kita posting. Gunanya, ketika orang melakukan pencarian dan menemukan blog kita, mereka akan tertarik untuk mengakses blog kita. Maka buatlah semenarik dan seunik mungkin, maksimal 150 karakter.


5. Selanjutnya, mendaftarkan blog ke Google Search Console. Baca: Cara mendaftarkan blog di Google Search Console


6. Setelah itu, hubungkan blog ke Google Analytics. Baca: Cara menghubungkan blog ke Google Analytics


7. Selesai. Kalian sudah bisa memulai untuk menerbitkan sebuah konten. Caranya, pada blog, klik menu Postingan kemudian klik Entri baru, silahkan buat konten sesuai dengan topik blog yang akan dibuat.


Sekian dulu tutorial untuk artikel pembuatan blog khusus pemula, terus kunjungi COPAD untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainnya mengenai dunia blogging yang akan datang. Dan bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar atau dengan menghubungi admin secara langsung mengggunakan formulir kontak yang telah disediakan.

Subscribe to receive free email updates: