7+ Hal Yang Harus Kamu Ketahui Agar Dapat Mendaftarkan Blog Di Google AdSense


COPAD7+ Hal Yang Harus Kamu Ketahui Agar Dapat Mendaftarkan Blog Di Google AdSenseGoogle AdSense atau yang biasa dipanggil adsen ini memang merupakan primadona bagi para blogger maupun youtuber karena penghasilannya yang lumayan besar dan terbukti membayar penggunanya. 

Google AdSense merupakan layanan periklanan oleh Google yang berfungsi untuk menampilkan iklan di blog, youtube, aplikasi, ataupun tempat lainnya. Dan jika seseorang mengkliknya atau hanya sekedar melihat maka akan memberikan penghasilan/pendapatan berupa uang bagi blogger maupun vlogger. Pendapatan itu nantinya dapat ditarik secara tunai melalui rekening bank ataupun kartu kredit jika minimal penarikannya sudah tercapai, misalnya $100 atau sekitar Rp.1.449.065 jika dirupiahkan.

Namun untuk mendapatkan itu semua diperlukan suatu proses yang terbilang lama dan juga tentu sulit untuk diraih. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu ketahui agar dapat mendaftarkan blog kamu di Google AdSense juga merupakan syarat-syarat agar dapat memenuhi kriteria pendaftaran Google AdSense di blog secara garis besarnya.

1. Memiliki halaman dan menu navigasi di blog.
Menu navigasi merupakan menu-menu yang memudahkan pengunjung untuk mengakses suatu blog. Contohnya seperti tab menu bar / menu dropdown, menu navigasi di atas header, sidebar, maupun footer serta menu navigasi halaman dengan menggunakan angka seperti yang tertera pada halaman utama blog di bagian bawah untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya. 

Menu dan halaman navigasi itu seperti kontak/contact, privacy policy, sitemap, about, widget label/tag, widget halaman, widget profil blogger, widget search dan yang sejenisnya.

2. Memiliki artikel yang berkualitas, unik, dan menarik, bukan artikel terlarang.
Memiliki artikel yang tergolong biasa-biasa saja tentu tidak dilarang, namun program adsen akan memberikan poin lebih kepada blog yang memiliki artikel berkualitas bukan hasil copas apalagi yang memiliki hak cipta, unik, dan tentunya menarik. Hal ini akan memudahkan blog kita dalam proses pengajuan adsen kelak dan rentan untuk diterima.

Perlu diingat juga bahwa adsen tidak akan menampilkan iklannya bahkan menerima blog yang berisi artikel dan konten terlarang seperti artikel tentang senjata, pembunuhan, pelecehan, pornografi, narkoba, dan sejenisnya.

3. Blog setidaknya aktif selama 6 bulan.

Meski sebenarnya hal ini hanya berlaku di beberapa lokasi di dunia, namun tidak sedikit dari beberapa blog yang baru aktif beberapa hari sudah dapat mendaftar di adsen entah apa alasannya. Berdasarkan pengalaman mimin sendiri, mimin juga pernah mengalami hal yang sama. Seperti blog yang sudah mimin buat yang usianya bahkan belum sebulan namun sudah dapat didaftarkan di adsen padahal blog itu sendiri merupakan blog demo / blog tes.

4. Usia blogger minimal 18 tahun ke atas.

Usia 18 tahun ke atas memang sudah dianggap dewasa oleh orang-orang dan dianggap sudah memiliki pemikiran yang matang serta rasa tanggung jawab. Sehingga, program adsen menetapkan peraturan ini agar tidak diakses oleh orang-orang yang memiliki sifat dan sikap yang bertolak belakang dengan yang telah mimin jelaskan sebelumnya.

Meski begitu, tidak sedikit dari para blogger yang memanipulasi umurnya pada akun Googlenya. Yah, walau memang sebenarnya umur bukan merupakan batas bagi orang yang ingin menuntut ilmu.

5. Memiliki tampilan blog yang rapih dan sudah bukan merupakan sebuah kerangka.
Tampilan blog yang rapih akan menjadi poin tambahan lain ketika kita akan melakukan pengajuan pada Google AdSense sehingga dapat diterima dengan mudah. Kamu dapat merapihkan sekaligus memperindah tampilan blog dengan cara otomatis seperti mendownload tema/template blog, walau setelah didownload kamu masih harus tetap mendesainnya ulang sesuai data diri dan blog kamu. Atau dengan cara manual seperti mendesain blog sendiri sesuai keinginan pada menu Tata Letak/Layout dan Tema/Theme.

Perlu diingat, ketika kamu sedang dalam proses pengajuan tahap 2 Google AdSense, jangan sekali-kali untuk menyentuh / mendesain / mengedit tampilan ataupun bagian dari blog kamu karena program adsen akan menganggap blog kamu masih sebagai sebuah kerangka dan akhirnya gagal dalam pengajuan tersebut. Maka dari itu, sebelum melakukan pengajuan, perbaiki seluruh bagian dan tampilan blog hingga selesai.

6. Memiliki jumlah pengunjung / trafik yang memadai dan asli.

Jumlah pengunjung juga berpengaruh dalam pemenuhan syarat dari Google AdSense, jumlah pengunjung yang banyak dan asli dapat membuat blog kamu mudah untuk diterima. Contoh dari pengunjung palsu seperti para blogger yang yang terus-menerus melihat artikelnya sendiri. Melihat artikel sendiri untuk diperiksa apakah sudah bagus atau tidak sebaiknya dilakukan pada lembar kerja dengan mengklik Pratinjau/Preview sebelum dipublikasikan agar tidak mempengaruhi data dari pengunjung blog.

Perlu diingat juga bahwa menggunakan situs Traffic Exchange merupakan pelanggaran kebijakan dari program adsen karena dianggap juga sebagai pengunjung palsu serta tidak aman untuk blog, rentan untuk di hack dan dimasuki virus.

7. Blog harus memiliki maksimal 1 niche (topik pembahasan).

Memiliki niche dalam suatu blog memang sangat penting, karena niche inilah yang akan menggambarkan seperti apa dan tujuan apa dari blog yang akan kita bangun nantinya. Memiliki lebih dari satu niche atau yang biasa disebut blog gado-gado tentu akan sangat merugikan, seperti rentannya blog untuk tidak diterima oleh program adsen. 

Hal ini dikarenakan blog dianggap tidak jelas asal-usulnya serta tujuannya dan dapat meresahkan pengunjung. Maka dari itu, sebelum membuat blog lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu niche apa yang akan digunakan, seperti tentang dunia teknologi, tentang kesehatan & kecantikan, atau bisa juga tentang travel, dan masih banyak lagi jenis niche lainnya.

8. Memiliki nama domain untuk blog.

Akun adsen dibagi menjadi dua jenis yaitu akun hosted dan akun non hosted. Akun hosted adalah akun adsen yang terbilang mudah untuk didapatkan, pendaftarannya pun cukup mudah dan prosesnya tidak memakan waktu terlalu lama. Walau begitu, untuk beberapa blog terkadang membutuhkan waktu lebih lama dari yang biasanya. Hal ini tergantung dari pemenuhan syarat adsen dan kelayakan blog untuk ditampilkan iklan. 

Namun dengan akun hosted ini, ketika ingin menampilkan atau memasang iklan baru yang akan muncul hanyalah tempat / kotak kosong berwarna putih (blank) di blog. Hal ini dikarenakan blog masih perlu ditinjau untuk ditampilkan iklan, dan terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan bisa sampai berminggu-minggu agar iklan bisa tampil.

Baca: Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense Untuk Akun Hosted

Sedangkan untuk akun non hosted adalah akun adsen yang cukup sulit untuk didapatkan baik dalam pendaftarannya maupun prosesnya. Untuk mendapatkan akun ini kamu memerlukan akun adsen hosted terebih dahulu, baru setelah itu mengupgradenya menjadi akun non hosted dan harus memiliki nama domain seperti .com / .co.id / .net / dan lainnya. Penjelasan lengkap mengenai domain Baca Di Sini.

Keistimewaan dari akun non hosted ini adalah iklan dapat ditampilkan di mana saja seperti di blog, wordpress, youtube, aplikasi dan lain sebagainya selama tidak bertolak belakang dengan kebijakan program adsen. Dan ketika melakukan pemasangan, iklan bisa langsung tampil namun terkadang butuh beberapa menit juga. Untuk penjelasan lengkap mengenai akun hosted dan akun non hosted bisa kalian cari di Google.

9. Membutuhkan kesabaran dan juga keberuntungan.
Selama membangun sebuah blog diperlukan sebuah kesabaran dalam segala aspek, begitu juga nantinya ketika kamu melakukan pengajuan untuk pendaftaran adsen yang dalam prosesnya terbilang sangat lama, mulai dari berjam-jam, berhari-hari, bahkan sampai berbulan-bulan.

Selain kesabaran, diperlukan juga sebuah keberuntungan. Seperti yang mimin jelaskan sebelumnya, walau blog masih terbilang baru namun sudah dapat didaftarkan di adsen. Bukan hanya itu, banyak dari para blogger yang mengalami hal serupa bahkan dapat lebih cepat, baik dalam pendaftaran adsen maupun dalam prosesnya.

Itulah hal-hal yang menurut mimin secara garis besar harus kamu ketahui agar dapat mendaftarkan blog kamu di Google AdSense dan juga merupakan syarat-syaratnya, mohon maaf bila terdapat kesalahan kata dan atas perhatiannya mimin ucapkan terima kasih. Terus kunjungi blog COPAD atau langsung Subscribe agar menjadi orang pertama yang mendapatkan artikel terbaru dan menarik lainnya.

Subscribe to receive free email updates: