Perubahan Penting Pada Aplikasi E-Raport SMP Versi 2.2 Tahun 2020 Release Terbaru

Perubahan Penting Pada Aplikasi E-Raport SMP Versi 2.2 Tahun 2020 Release Terbaru

Sejak mulai November 2017, Direktorat Pembinaan SMP sudah melansir Program e-Rapor SMP. Dalam perubahannya sudah tercatat seringkali melakukan perubahan, dan sampai saat ini pada bulan November 2020, dikeluarkan kembali Program e-Rapor SMP Vs 2.2.

PerubahanPenting Pada Aplikasi E-Raport SMP Versi 2.2 Tahun 2020 Release Terbaru


Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 ini, sudah menampung Peraturan Merdeka Belajar dan situasi wabah Covid-19, misalnya memberikan fasilitas sekolah yang mengerjakan evaluasi dan penilaian berdasar pada Kompetensi Inti (KI) dan Kapabilitas Dasar (KD) 

Pelajaran pada Kurikulum 2013 secara utuh (sesuai Permendikbud RI Nomor: 37 Tahun 2018), berdasar pada KI dan KD Pelajaran di Kurikulum 2013 untuk Situasi Khusus (sesuai Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020 dan Putusan Kepala Balitbang dan Perbukuan Nomor: 018/H/KR/2020), dan berdasar pada peringkasan kurikulum secara mandiri oleh unit pengajar (sesuai Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020).

Program e-Rapor SMP menjadi satu diantaranya instrumen responsibilitas penilaian oleh pengajar, diharapkan bisa membantu serta memperingan pekerjaan pendidik dalam merencanakan dan menjalankan penilaian, memproses dan mempelajari hasil penilaian, membuat rapor, dan memberitahukan hasil penilaian peserta didik ke orang-tua/wali siswa, sampai disinkronisasikan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Lalu apa sebenarnya yang benar - benar berbeda dari aplikasi sebelumnya ?

Berikut adalah daftar pembaruan penting yang terdapat pada aplikasi eraport SMP versi 2.2 tahun ini.

Versi 2.2

  1. [Pembaharuan] Penambahan submenu Data Kompetensi Dasar (KD) pada menu Data Referens Lokal (di halaman admin sistem paket)
  2. [Perbaikan] Perbaikan pada tampilan Data Kompetensi Dasar yang dikelompokkan berdasarkan KD dari Permen 37, Balitbang, atau Mandiri (admin sistem paket)
  3. [Pembaharuan] Penambahan menu Import/upload Kompetensi Dasar (di halaman admin sistem paket)
  4. [Pembaharuan] Penambahan menu Download/unduh Format Import Kompetensi Dasar (admin sistem paket)
  5. [Pembaharuan] Penambahan menu Upload Kompetensi Dasar (di halaman admin sistem paket)
  6. [Pembaharuan] Penambahan menu untuk mengaktifkan/menonaktifkan Kompetensi Dasar secara bersamaan (di halaman login Guru)
  7. [Pembaharuan] Penambahan Data Kompetensi Dasar sesuai permendikbud 37
  8. [Perbaikan] Perbaikan pengambilan data sekolah
  9. [Perbaikan] Perbaikan referensi Agama Khonghucu
  10. [Perbaikan] Perbaikan pengecekan nilai yang dikirim ke dapodik
  11. [Perbaikan] Perbaikan dengan me-nonaktifkan Tombol “Tanpa Setting Kertas” pada cetak rapor.

Dengan kata lain perubahan pada versi ini lebih mengarah kepada penyesuaian KD dan KI dengan mengkondisikan suasana pandemi covid-19.

Akan tetapi juga dapat kita ketahui adanya perubahan-perubahan detil lainnya yang memang menjadi kekurangan pada versi sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates: