Mengelola Buku Paket Dengan SLiMS


Mengelola Buku Paket Dengan SLiMS





Petugas perpustakaan mempunyai kesibukan yang lebih saat - saat semester berganti, dikarenakan pada perpustakaan sekolah semua koleksi buku paket pengelolaannya diserahkan pada petugas perpustakaan.


Mengelola Buku Paket Dengan SLiMS



Bagi sekolah yang pengelolaanya masih bersifat konfensional maka hal ini akan sangat merepotkan, terlebih dengan jumlah siswa yang lumayan banyak, di sekolah saya sendiri ada 15 rombongan belajar dan jika rata - rata 32 siswa per rombel bisa dibayangkan bagaimana capeknya.





Tapi untunglah perpustakaan kami sudah menggunakan sistem otomasi bahkan pada peminjaman buku paket sekalipun. Tentu hal ini memerlukan persiapan yang lebih saat memulainya, akan tetapi kedepannya kami merasakan kemudahannya.










Baiklah langsung saja akan saya bagikan langkah - langkah mulai dari persiapan sampai siap dipinjamkan.


  1. Sebagai langkah awal jika buku paket tersebut baru tentunya kita harus menginventarisir buku paket tersebut. Administrasikan sebagaimana mestinya, catat di buku induk, buku pembelian, buku laporan penambahan koleksi dan sebagainya.

  2. Beri stempel sebagai tanda kepemilikan koleksi paket tersebut, tempatkan pada lembaran tertentu agar tidak mudah rusak. Jika perlu gunakan kode halaman tertentu untuk identitas khusus.

  3. Setelah proses tersebut diatas selesai sekarang tinggal proses di aplikasi SLiMS kita. Untuk koleksi dengan satu judul dan banyak eksemplar maka kita dapat menggunakan fasilitas "Pemrosesan Nomor Eksemplar" secara otomatis. Caranya adalah melalui menu Bibliografi >> Tambah Bibliografi Baru >>  Isikan semua cantuman yang tersedia; judul, pengarang, penerbit, tempat terbit, tahun terbit, nomor klasifikasi, nomor panggil, dimensi buku termasuk ISBN dan harga buku jika tersedia

  4. Lalu pada Pemrosesan Nomor Eksemplar tentukan pola atau kode yang akan dipakai, sebagai contoh jika buku IPA K13 semester 1 kelas 7 dapat dibuatkan pola sebagai berikut : IPA-7-01  tinggal kita masukkan berapa jumlah eksemplar yang akan kita buat. Masukkan angka awal pada kolom dari dan kolom ke adalah angka akhir sesuai jumlah. Setelah selesai klik simpan.



Baiklah untuk lebih jelasnya berikut saya buatkan video nya, untuk statistik saya menggunakan SLiMS 7 Cendana dan xampp sebagai aplikasi servernya di komputer server saya.



Berikut Video Tutorialnya : 





Subscribe to receive free email updates: