Mengenal Menu Shelving Pada SLiMS


Assalamu'alaikum ...





Suatu ketika saya sedang berbincang dengan sesama teman pengelola Perpustakan yang kebetulan sama - sama menggunakan SLiMS sebagai aplikasi otomasi nya. Namun beliau mengeluh bagaimana ketika ingin memindahkan koleksi dan mengganti lokasi rak, karena secara default (standar) SLiMS memang harus melalui proses yang lumayan njelimet yakni masuk daftar eksemplar lalu ke item koleksi masing - masing dan mengubah / mengganti lokasi rak ke lokasi yang baru.


Gambarannya kurang lebih seperti berikut ini : 









Menu Bibliography






Tampilan Edit Lokasi Rak







Sebagaimana nampak pada gambar diatas memang langkahnya tidak praktis dan memakan banyak waktu tentunya karena harus melakukan langkah - langkah tadi satu demi satu sambil mengecek koleksi secara langsung.





Untuk mempermudah prosesi tersebut di SLiMS sebenarnya sudah ada / disediakan sebuah menu tambahan yang di buat oleh Mas Heru Soebekti dari Komunitas SLiMS Trenggalek, nama plugin tersebut adalah Shelving / Pengerakan. Dengan tambahan menu ini kita akan sangat dimudahkan ketika sedang mengganti lokasi rak tanpa masuk satu per satu item koleksi  kita. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut sebagai penjelas.







Menu Shelving terletak di menu Bibliography







Tinggal Scan Kode Koleksi





Nah, untuk cara pemasangannya saya akan tulis pada kesempatan lain.





Wassalam




Subscribe to receive free email updates: