Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP

Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP - Perpustakaan sekolah memiliki agenda rutin yang tidak dapat terelakkan pada awal tahun pelajaran. Agenda tersebut yakni membagikan buku paket pelajaran kepada siswa sesuai kelasnya.



Ada beberapa cara yang digunakan petugas perpustakaan sekolah untuk mempermudah pengelolaan buku paket ini semua dilakukan untuk meminimalisisr kesalahan yang berakibat hilangnya buku paket tersebut.



Untuk pengelolaan ini saya mengkategorikan menjadi :

1. Manual

2. Semi Otomasi

3. Otomasi Penuh.



Manual artinya memang seluruh administrasi pencatatan dilakukan secara manual, dibuatkan format dengan urutan tabel tertentu lalu dicetak sejumlah kelas dan siswa lalu diisi manual. Berkas ini lalu disimpan sebagai bukti peminjaman dan akan disimpan selama siswa masih memiliki tanggungan peminjaman meskipun sudah lulus sekolah.



Semi otomasi, maksudnya adalah petugas menyerahkan form untuk diisi oleh siswa buku yang dipinjam lalu petugas mengentri ke sistem yang digunakan untuk pengelolaan mereka. Sedangkan hasil entrian dapat diolah sebagai laporan dan dapat disimpan sebagai arsip digital. Untuk pengembalian dapat dengan mencocokan berkas yang ditulis siswa dengan data yang tersimpan dalam database sistem tersebut.



Otomasi Penuh, bahwa keseluruhan proses pengelolaan mulai dari inventarisir, peminjaman, pengembalian dan laporan semua sudah terintegrasi dalam sebuah sistem terkomputerisasi.



Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah aplikasi sederhana yang pada beberapa tahun lalu kami gunakan untuk mengelola peminjaman, pengembalian dan pelaporan buku paket tersebut.



Pada aplikasi pengelola buku paket berikut sebenarnya hanya menggunakan aplikasi excell dengan menggunakan rumus sederhana sesuai kebutuhan. 



Secara garis besar aplikasi berikut meliputi hal sebagai berikut : 




  1. Halaman utama yang terdiri dari rekap singkat dari keseluruhan menu yang dimiliki.

  2. Database siswa, mengambil dari absensi yang berasal dari Dapodik.

  3. Halaman kartu peinjaman

  4. Halaman rincian peminjaman siswa

  5. Halaman berita acara serah terima dari perpustakaan kepada ketua kelas.






Teknis peminjaman buku paket



Pada sekolah kami menerapkan sistem peminjaman buku paket dengan menyerahkan pengelolaan kepada ketua kelas. Jadi pihak perpustakaan membuatkan berita acara serah terima buku kepada ketua kelas dengan menyesuaikan jumlah buku sesuai siswa dikelas.





Ketua kelas membagikan buku paket kepada teman - temannya dan melaporkan kondisi buku pada kolom yang disediakan. Kondisi yang dimaksud adalah kelengkapan standar buku yang diterapkan pada perpustakaan kami yaitu : bersampul, cover utuh, halaman isi utuh dan tidak ada coretan. Ini sekaligus akan digunakan dalam laporan pengembalian nantinya, jika terdapat pelanggaran dengan ketentuan diatas maka menjadi tanggung jawab si peminjam langsung.





Ketua kelas membagikan kartu pinjam khusus buku paket, siswa menulis nomor buku pada kolom yang disediakan dan mengumpulkan pada ketua kelas untuk direkap dan di setorkan kepihak perpustakaan.





Petugas perpustakaan mengentri nomor peminjaman untuk dijadikan arsip dan mengelola sebagai laporan. 





Pengenalan Bagain Aplikasi






Halaman Menu Utama



Bagian yang terdiri dari keseluruhan menu. Terdapat menu yang mengarah pada submenu yang tersedia.







Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP
Halaman Utama


Database Siswa



Merupakan halaman yang berisi data siswa keals 7, 8 dan 9 lengkap dengan rombelnya. Pastikan juga disini sudah terdapat Nomor Induk Siswa (NIS) karena akan dijadikan sebagai primary key atau kata kunci pencarian.





Pada database ini juga sudah diterapkan format conditioning untuk meminimalisir entry nomer ganda yaitu dengan memberi warna merah dan tanda stike atau coret pada angka yang dimasukkan. Jadi jika terdapat tanda tersebut pastikan nomor tersebut milik siapa, karena ada kesamaan dengan nomor yang sudah pernah dientry.







Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP
Halaman Database Siswa





Rincian Peminjaman



pada halaman rincian peminjaman akan ditampilkan nomor buku sesuai yang dientry pada database siswa diatas. Cara menampilkan cukup dengan mengisikan nomor induk siswa / NIS pada kolom yang sudah tersedia.







Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP
Rincian Peminjaman








Halaman Berita Acara



Halaman ini hanya merupakan contoh untuk berita acarasera terima buku paket kepada siswa melalui ketua kelas masing - masing rombel.  Untuk format berita acar ini sendiri silahkan teman - teman menyesuaikan kondisi sekolah masing - masing.







Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP
Halaman Berita Acara





Kartu Peminjaman



Untuk menyamakan tabel pada entrian maka kami membuat kartu peminjaman khusus untuk paket ini dengan halaman khusus. Nantinya petugas tinggal mencetak sejumlah yang diinginkan dan membagikan kepada ketua kelas untuk didistribusikan kepada siswa di rombel tersebut.







Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP
Kartu Peminjaman Buku Paket





Itulah gambaran sekilas mengenai aplikasi pengelola buku paket ini. Yang pasti tentu teman - teman harus memastikan bahwa pada komputer atau laptop sudah teinstall microsoft office excell, karena aplikasi ini dibuat pada aplikasi tersebut. Sedang untuk versi saya rasa bebas, karena dibuat pada versi lawas (2007), jadi mungkin dapat dijalankan pada versi setelahnya.





Nah, demikian tulisan untuk kali ini tentang Aplikasi Pengelola Peminjaman Buku Paket Excell Untuk Perpustakaan Sekolah Jenjang SMP. Untuk lebih jelasnya sebaiknya teman - teman unduh saja langsung pada tautan dibawah ini, dan jangan lupa ya kawan untuk tidak segan membagikan tulisan ini apabila dirasa bermanfaat. Terima kasih.






Subscribe to receive free email updates: