Pengertian,fungsi dan bagian-bagian Brosur

A. Pengertian Brosur
Brosur ialah alat untuk mempromosikan barang, jasa dan sebagainya, yang mana terbuat dari sebuah kertas yang didalamnya memiliki sejumlah informasi serta penawaran tentang jasa ataupun produk tersebut, adapun pengertian brosur yang lain ialah sebuah alat publikasi yang resmi dari sebuah perusahaan berupa bentuk cetak yang memiliki berbagai informasi tentang sebuah produk, layanan,program dan yang lainnya, dan ditujukan pada pasar dan cara menyampaikannya dibagikan secara gratis kepada pelanggan atau masyarakat dengan tujuan untuk memperkenalkan secara jelas lebih jelas dan rinci mengenai produk, layanan , program dan sebagainya untuk membantu upaya pemasaran atau marketing Publick Relation.

B. Fungsi Brosur
Setelah memahami pengetian dari brosur tentunya kita juga hasus memahami fungsinya. adapun fungsi dari brosur adalah sebagai berikut.
1.      Sebagi media Informasi

Brosur berfungsi untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial , yang menyangkut dengan prsentasi perusahaan, produk baru, atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan atau produkm, dan atau menginformasikan perubahan terbaru didalam sebuah produk.

2.      Sebagai Media Iklan

Tentu selain media informasi brosur sangat berperan penting sebagai media iklan, yang sifatnya menawarkan,dan mengajak pembaca untuk membeli produk dan ajakan untuk bergabung.

3.      Memperthankan kriteria
Maksuda dari mempertahankan kriteria adalah  sebuah brosur dapat menunjukan konsep serta kretiria perusahaan melalu desain, logo yang jelas dan desain yang disesuaikan membuat peruhaan atau produk mudah diidentifikasi.

C. Ciri-ciri Brosur
Adapun ciri-ciri yang sangat menonjol pada brosur adalah sebagai berikut :
1.      Pernyataan pesan selalu tunggal
2.      dibuat bertujuan untuk menginformasikan mengedukasi, dan membujuk orang/pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan,
3.      diterbitkan hanya sekali, akan tetapi bisa dicetak berulang kali baik diperbaharui maupun tidak.
4.      brosur harus bisa menarik perhatian pembaca
5.      Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya
6.      Desan harus menarik dan tulisan nya jelas

D. Bagian-bagian Brosur
Tentunya brosur yang baik adalah brosur yang memiliki bagian-bagian agar brosur terlihat rapi dan informatif, dibawah ini adalah bagian-bagian dari brosur
1.    Pesan Didalam brosur

Konten yang ada dibrosur meliputi apa saja informasi yang akan disampaikan untuk calon konsumen, seperti Headline , penggunaan kalimat yang menarik, serta naskah yang merupakan informasi penting tentang dibuatnya brosur tersebut, contohnya jika anda sedang membuat brosur penerimaan siswa baru tentu konten yang anda butuhkan adalah konteng yang berhubungan dengan penerimaan siswa baru, mulai dari syarat pendaftaran, fasilitas yang ditawarkan , dll

2.    Pemilihan Ilustrasi

Tentu agar brosur menarik kita perlu menyertakan ilustrasi untuk menunjukkan thema. tujuan utama dari ilustrasi adalah agar calon konsumen lebih memahami apa yang akan disampaikan pada iklan dibrosur. mulai dari logo perusahaan, serta foto dokumentasi yang mewakili.

3.    Komposisi Warna

Kombinasi warna dari brusur tentunya menjadi faktor ketertarikan seseorang untuk membaca brosur anda. Ketertarikan antara konten,ilustrasi, serta konsep warna yang digunakan harus selaras untuk membarikan kesan menyatu supaya tidak melenceng dari konsep desain dan tentunya warna yang kita gunakan tidak terlalu rame.

4.    Tipografi
Karakter tidak hanya ditunjukkan dengan konten, ilustrasi dan konsep warna saja. Tipogafi menyangkut huruf atau font apa yang cocok dan berkarakter dengan pesan dari perusahaan yang akan disampaikan. tentu jika jenis huruf yang kita gunkana sembarang tentu hasilnya tidak nyaman untuk dibaca.

5.    Layout
Layout atau tata letak tentunya juga sangat penting,  karna berhubungan dengan letak tampilan dari isi teks, ilustrasi gambar, akan diletakkan posisinya seperti apa. layout membantu calon konsumen mudah memahami konten yang ada dalam brosur. menentukan layout juga membantu untuk pemilihan ukuran kertas dan bahan apa yang cocok digunakan. dan sangat penting membuat sketsa layout brosur sebelum melakukan desain brosur.





Subscribe to receive free email updates: